Cari di Website Ini

Sabtu, 21 Mei 2016

BPBD Mitra Siapkan Relawan Bencana



RATAHAN -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara (Mitra) akan mencari relawan bencana di masing-masing desa.

Hal tersebut sebagai langka antisipasi karena daerah Mitra masuk kategori rawan bencana di musim penghujan ini, bahkan erupsi gunung.

"Saat ini masih dalam masa persiapan pembentukan para masyarakat yang akan dijadikan sebagai relawan bencana di sejumlah desa," ujarn Kepala BPBD Mitra, Joppie Mokodaser melalui Kasie Rehab Rekon Eric Manaroinsong.

Dijelaskannya, para relawan akan ditentukan lewat kategori atau ancaman di desa-desa. "Kita masih memeta kategori bencana yang mengancam tiap desa, seperti banjir, longsor, erupsi gunung, atau ancaman gelombang tinggi dari laut di masing-masing desa," jelas Manaroinsong.

Dia menambahkan, usai merekrut relawan, pihaknya akan memberikan pelatihan tanggap dan penanggulangan setelah bencana terjadi. "Nantinya ada pelatihan khusus kepada para relawan seperti SAR dan lainnya. Desa yang sudah punya relawan nantinya akan dikategorikan desa siaga bencana, atau sudah bisa secara mandiri melakukan penanganan setelah bencana," tukasnya.

Sumber: Tribun Manado

Tidak ada komentar:

Posting Komentar