Cari di Website Ini

Minggu, 15 Mei 2016

3 Titik Dilanda Bencana


SUKABUMI, (PR).- Bencana tanah longsor di Kabupaten Sukabumi, menerjang di tiga titik berbeda, Sabtu, 14 Mei 2016. Yaitu di Kecamatan Sukaraja, Cirenghas dan Kecamatan Sukalarang.
Badan jalan yang alternatif yang kerap dilalui kendaraan roda dua dan empat persis di Desa Pasir Halang, Kecamatan Sukaraja amblas tergerus bencana tanah longsor.

Badan jalan kini hanya tersisa kurang dari 40%. Jalan yang menghubungkan warga amblas sepanjang 15 meter dengan kedalaman lebih dari 2 meter itu, kini menyulitkan warga untuk beraktivitas. Kendati badan jalan masih bisa dilalui kendaraan roda dua, tetapi warga tidak memperkenankan pengendara kendaraan melintasi jalan tersebut saat hujan deras.

Selain gerusan badan jalan sangat berpotensi kendaraan terperosok, juga areal gerusan masih terus terjadi. Warga memperkirakan hanya bila hujan deras kembali menggutur, jalan yang menghubungi belasan perkampungan terputus dan menyebabkan warga terancam terisolir.

“Jalan alternatif kini hanya menyisakan sebagian. Warga yang berada disejumlah perkampung di tiga kecamatan memamfaatkan jalan tersebut untuk melakukan aktivitas sehari-hari,” kata Relawan wilayah 1, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Cucup M Yusuf.

Cucup M Yusuf mengatakan bencana alam pasca hujan deras mengguyur Sukabumi, juga membayang-bayangi aktivitas warga di Kecamatan Kadudampit. 

Jembatan yang menghubungi sejumlah perkampungan persis di Desa Undrusbinangus terkikis hantaman sungai. Jembatan Undrusbinangun sepanjang 30 meter hanya menyisakan sebagian badan jembatan. “Bila tidak segera diperbaiki, tidak menutupkemungkinan jembatan tidak bisa dilalui seluruh jenis akendaraan bermotor,” katanya.

Begitupun di Kecamatan Caringin, bencana tanah longsor telah merusakan jembatan dan badan jalan. Jalan Raya Caringin persis di Kampung Cikembang, Desa Caringin Wetan amblas. “Bencana yang terjadi malam kemarin sempat menggangu arus kendaraan, karena jembatan dan jalan amblas,” kata staf kecamatan Caringin, Ujang.***

Sumber: Pikiran Rakyat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar