Cari di Website Ini

Senin, 12 Desember 2011

Dunia Sepakati Pakta Iklim Global 2015

DURBAN – Konferensi Perserikatan Bangsa- Bangsa untuk Perubahan Iklim (UNFCCC) kemarin menyetujui peta jalan menuju pakta yang melibatkan semua emiter gas rumah kaca terbesar.


Pakta yang direncanakan disepakati pada 2015 itu akan dilaksanakan mulai 2020 dan menjadi alat utama untuk perang melawan perubahan iklim. Kesepakatan ini tercapai setelah 14 hari perundingan UNFCCC di Durban. Forum dunia itu juga meluncurkan “Dana Iklim Hijau” untuk mengalirkan lebih dari USD100 miliar per tahun ke negara-negara yang miskin dan rentan pada 2020.

Inisiatif ini lahir berdasarkan Copenhagen Summit 2009. Persetujuan ini muncul setelah dua setengah hari perundingan tanpa henti di antara 194 negara. Pertemuan itu memecahkan rekor sebagai negosiasi terpanjang di UNFCCC. Perundingan itu seharusnya berakhir pada Jumat (9/12), namun diperpanjang hingga Minggu (11/12).

Kepala UNFCCC Christiana Figueres mengutip kalimat Nelson Mandela dengan mengatakan di Twitter, “Untuk menghormati Mandela: Selalu tampak mustahil hingga itu dilakukan. Dan ini telah dilakukan.” (syarifudin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar