Cari di Website Ini

Senin, 22 Desember 2014

GUNUNG GAMALAMA MELETUS LAGI

Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara kembali meletus pada Senin (22-12-2014) pukul 17.30 Wit. 1. Letusan disertai hembusan abu 100 m, angin ke arah timur,tenggara dan selatan.
Status masih Siaga. Berdasarkan laporan petugas Pos Pengamatan G. Gamalama dilaporkan bahwa letusan muncul dari retakan tahun 2011. Foto letusan ada di twitter @sutopo_bnpb. Kota Ternate masih diselimuti abu vulkanik.

2. Sistem peringatan dini sudah berjalan dari pos pantau-pos tanggap darurat-BPBD-kelurahan,melalui frekuensi radio. 3. Tidak ada kepanikan, masyarakat beraktivitas secara normal. 4. Pembersihan bandara dan jalan masih dilakukan oleh otoritas bandara, pemadam kebakaran, dinas kebersihan sampai pukul 17.30 wit sekarang.

 5. Balai teknik penyehatan lijgkungan dan dinas kesehatan sedang melakukan uji kualitas udara di sekitar alun-alun kesultanan. 6. Secara umum kewaspadaan instansi dan peran komando tanggap daruratnya dirasa cukup responsif. 7. BPBD Kota Ternate telah membagikan 55 ribu lembar masker kepada masyarakat. Stock masker di BPBD dan Dinas Kesehatan tinggal 3.000 lembar. Diperlukan bantuan masker.

8. Walikota Ternate menetapkan status siaga darurat erupsi G. Gamalama dari tgl 18-31 Desember 2014. 9. Sebanyak 18 titik pengungsian telah disiapkan. 10. Di dalam radius 2,5 km dilarang masyarakat melakukan aktivitas. Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar